Abstract:
Model Project Based Learning berbasis STEAM salah satu model dan pendekatan yang disarankan dengan memberikan ruang bagi pengembangan kreativitas dan self efficacy mahasiswa. Namun, kreativitas dan self efficacy tersebut belum menjadi habit dalam proses pembelajaran kimia. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat model Project Based Learning berbasis STEAM yang valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan untuk melatihkan kreativitas dan self efficacy mahasiswa. Perangkat yang dikembangkan meliputi SAP, LKM, bahan ajar dan alat evaluasi. Penelitian ini menggunakan desain dengan model ADDIE dan uji coba kelas menggunakan one group pretest and posttest pada 18 mahasiswa Pendidikan Kimia kelas A2 angkatan 2020. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari instrumen validasi perangkat, angket respon mahasiswa, keterbacaan LKM dan bahan ajar, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, instrumen tes berpikir kreatif dan angket self efficacy mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat model Project Based Learning berbasis STEAM termasuk valid karena komponen SAP, LKM, bahan ajar dan alat evaluasi dalam kategori valid; (2) perangkat model Project Based Learning berbasis STEAM termasuk praktis, karena angket respon mahasiswa, keterbacaan LKM dan bahan ajar, dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran sangat baik; dan (3) perangkat model Project Based Learning berbasis STEAM termasuk efektif karena N-gain tes berpikir kreatif sebesar 0.44 dalam kriteria sedang dan self efficacy mahasiswa. N-gain nya sebesar 0.3 dalam kategori sedang. Demikian, perangkat model Project Based Learning berbasis STEAM yang dikembangkan adalah layak untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif dan self efficacy mahasiswa.