Abstract:
Penelitian pengembangan E-Magazine dengan pendekatan social emotional learning (SEL) pada materi koloid berkonteks kearifan lokal bertujuan menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Uji coba e-magazine yang dikembangkan dilakukan pada peserta didik SMAN 9 Banjarmasin Tahun Ajaran 2021/2022. Uji coba yang dilakukan yakni uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket keterbacaan, angket respon dan penilaian tes dan non-tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-magazine yang dikembangkan sangat valid dilihat dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan media. Kepraktisan e-magazine yang dikembangkan pada uji perorangan dan uji kelompok kecil dengan kategori sangat baik, respon peserta didik dengan kategori baik, dan respon guru dengan kategori sangat baik. Keefektifan dilihat berdasarkan N-gain dan uji statistik pemahaman konsep dan motivasi belajar yang termasuk dalam kategori sedang dan pada hasil uji statistik terdapat adanya peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan e-magazine, serta penilaian sikap/karakter SEL dengan kategori baik. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa penggunaan media e-magazine dengan pendekatan SEL pada materi koloid berkonteks kearifan lokal dinyatakan layak, efektif, dan dapat digunakan dalam pembelajaran kimia.
Kata kunci: E-Magazine, Pendekatan SEL, Kearifan lokal, ADDIE, Koloid.