Abstract:
Rendahnya keterampilan proses sains siswa disebabkan mereka kurang dilatihkan kegiatan penyelidikan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 4 SMAN 2 Kotabaru menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh melalui instrumen pengamatan dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian dari siklus I ke siklus II yaitu: (1) Keterlaksanaan RPP pada setiap siklus memperoleh kriteria sangat baik; (2) Keterampilan proses sains siswa meningkat dari kriteria cukup terampil menjadi terampil; (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa semula 43,75% menjadi 96,87%. Diperoleh simpulan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 4 SMAN 2 Kotabaru. Kegiatan prioritas guru adalah memakimalkan motivasi, permasalahan yang diselidiki, bimbingan tiap langkah pembelajaran serta umpan balik kepada siswa.