Abstract:
Yurina, 2022 “Mengembangkan aspek nilai agama dan moral dalam menirukan gerakan beribadah (berwudhu) menggunakan kombinasi model picture and picture dengan metode praktik langsung pada Tk Annisa Banjarmasin Selatan”. Skripsi Program Studi Strata 1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini FKIP Unlam. Pembimbing Novitawati.S,Psi.,M.Pd
Kata Kunci : Aspek nilai agama dan moral, menirukan gerakan beribadah (berwudhu), model picture and picture, metode praktik langsung,
Masalah penelitian ini rendahnya hasil perkembangan aspek nilai agama dan moral anak dalam menirukan gerakan beribadah (berwudhu) kelompok BTK Annisa Banjarmasin Selatan. Permasalahan ini terjadi karena anak belum mampu Memahami isi cerita Yang Dibacakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktifitas guru (2) aktifitas anak, dan (3) hasil perkembangan nilai agama dan moral dalam menirukan gerakan beribadah (berwudhu) dengan menggunakan kombinasi Model Pembelajaran Picture And Picture dengan metode praktik langsung pada anak Kelompok B TK Annisa Banjarmasin Selatan.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). untuk memperoleh data berdasarkan tingkat kualitas dengan cara observasi kegiatan anak Dengan 3 rancangan pada 3 kali pertemuan, dan di setiap pertemuan dilakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi.
Hasil penelitian ini keberhasilan guru dengan skor 38 sangat baik, aktivitas anak secara rata – rata kelas mencapai persentase ? 81?ngan kriteria sangat aktif dan secara klasikal ? 100?ngan kriteria sangat aktif dan hasil belajar pengembangan aspek bahasa anak secara individual mendapat bintang 3 dan 4 dan klasikal ? 100%. hasil penelitian setiap pertemuan semakin meningkat. Aktivitas guru pada siklus ke I mendapat skor 25 dengan kriteria “Cukup Baik” dan pada siklus 3 mendapat skor 38 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil aktivitas anak siklus 1 secara klasikal 48,53 dengan kategori “Cukup Aktif” dan meningkat pada siklus III secara klasikal dengan perolehan 92,16 dengan kategori “Sangat Aktif”. untuk perkembangan aspek bahasa anak pada siklus I berkembang secara klasikal sebanyak 23, 53 % mengalami peningkatan pada siklus 3 yang berkembang secara klasikal sebanyak 100% atau mencapai indikator keberhasilan
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi Model Pembelajaran Picture And Picture dengan metode praktik langsung dalam menirukan gerakan beribadah (berwudhu) pada anak Kelompok BTK Annisa Banjarmasin Selatan meningkat. Disarankan kepada Kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar kombinasi model tersebut dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pemilihan model pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa