Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi perbedaan antara hasil (1) keterampilan proses sains, (2) motivasi belajar, dan (3) hasil belajar pengetahuan sebelum dan setelah menerapkan model REACT melalui google classroom materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian dilakukan di SMAN 12 Banjarmasin semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Sampel yang dipilih adalah kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 35 peserta didik dengan pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif berupa N-gain serta teknik analisis inferensial berupa uji-normalitas dan uji-homogenitas. Penelitian menunjukkan hasil sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran dengan perbedaan nilai (1) keterampilan proses sains 38,27 dan 73,02 (2) motivasi belajar 59,18 dan 78,49 (3) hasil belajar pengetahuan 43,14 dan 85,14. Hasil analisis data menggunakan N-gain menunjukkan adanya perbedaan setelah pembelajaran dengan hasil (1) keterampilan proses sains dengan N-gain 0,55 kategori sedang, (2) motivasi belajar dengan N-gain 0,46 kategori sedang, dan (3) hasil belajar pengetahuan peserta didik dengan N-gain 0,72 kategori tinggi.
Kata kunci: Model REACT, Keterampilan proses sains, motivasi belajar