Abstract:
ABSTRAK
Dina, Fika. 2021. “Mengembangkan Motorik Kasar 2M Melalui Model Explicit Instruction Dan Metode Demostrasi Bermain Engklek Pada Anak Kelompok B TK Mawaddah Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi.,
M.Pd.
Kata kunci : kemampuan motorik kasar, model explicit instruction
Masalah yang terjadi pada kemampuan motorik kasar dalam melakukan gerakan melompat dan meloncat secara terkoordinasi pada anak kelompok B TK Mawaddah Banjarmasin masih rendah. Banyak hal yang menjadi penyebabnya anak menjadi kurang aktif dalam pembelajaran, motorik kasar anak kurang dikembangkan atau diasah, kegiatan pembelajaran lebih banyak untuk motorik halus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dalam mengembangkan pembelajaran, aktivitas anak dalam mengikuti proses pembelajaran, dan hasil perkembangan kamampuan motorik kasar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan model pembelajaran explicit instruction. Penelitian ini dilaksanakan di TK Mawaddah Banjarmasin, obyek penelitian anak kelompok B yang berjumlah 8 orang. Penelitian dilakukan dalam 3 pertemuan, setiap pertemuan dilakukan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yaitu aktivitas guru, aktivitas anak, dah hasil perkembangan kemampuan motorik kasar. Indikator keberhasilan yang diharapkan pada aktivitas guru mencapai minimal kategori baik, aktivitas anak mencapai minimal kategori aktif, dan hasil kemampuan anak dapat dikatakan berhasil minimal mencapai (****). Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar dalam melakukan gerakan melompat dan meloncat secara terkoordinasi dengan model explicit instruction dengan metode demonstrasi melalui permainan engklek. Hasil kemampuan motorik kasar anak pada pertemuan 3 berkembang dengan mendapatkan bintang (****) atau berkembang sangat baik. Berdasarkan temuan diatas, maka kepada guru TK Mawaddah Banjarmasin yang kesulitan meningkatkan hasil perkembangan anak dalam melakukan gerakan melompar dan meloncat secara terkoordinasi dengan model explicit instruction dengan metode demonstrasi melalui permainan engklek sebagai alternatif pembelajaran.