Abstract:
Tujuan dilakukan riset ini ialah untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media audio visual powtoon yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatan motivasi dan pemahaman konsep siswa terhadap sub materi peranan koloid dalam kehidupan. Jenis riset ini termasuk dalam R & D (Research and Development). Riset ini menggunakan model pengembangan ADDIE.. Subjek penelitian dilakukan pada peserta didik kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 7 Banjarmasin Tahun Ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa yaitu 40 orang. Perangkat penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, angket keterbacaan, angket respon dan penilaian dari tes dan nontes. Hasil penelitian menyatakan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi parameter berikut: (1) Valid, dilihat dari aspek validitas isi, bahasa, dan media dalam kategori sangat valid. (2) Praktis, dilihat dari aspek keterbacaan media audio-visual powtoon pada uji coba perorangan dan kelompok kecil yang tergolong sangat praktis, angket respon peserta didik (praktis) dan respon guru (sangat praktis). (3) Efektif, dilihat dari n-gain pemahaman konsep peserta didik sebesar 0,73 (tinggi) dan motivasi belajar sebesar 0,45 (sedang).