Abstract:
ABSTRAK
Indriana, M. 2019. Upaya Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama dan
Moral dalam Memiliki Perilaku Mulia menggunakan Kombinasi Metode
Story Telling dan Model Example Non Example dengan Media Gambar
pada Anak Kelompok B TK Sun Shine Banjarmasin. Skripsi Program
Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik
2018/2019. Pembimbing: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D
Kata kunci : Nilai Agama dan Moral, Story Telling, Example Non Example
Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada
anak kelompok B TK Sun Shine Banjarmasin diperoleh gambaran bahwa
kemampuan nilai agama dan moral dalam memiliki perilaku mulia masih
belum maksimal. Hal ini disebabkan aktivitas belajar anak yang rendah,
karena anak-anak masih belum mampu menerapkan nilai-nilai moral
yang telah diajarkan misalnya bersikap jujur dan suka menolong sikap
dan perilaku anak tidak sesuai dengan nilai agama dan moral. Oleh sebab
itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan
kombinasi metode story telling dan model example non example dengan
media gambar melalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkan
aspek Nilai Agama dan Moral dalam kegiatan menempel gambar dengan
tepat pada anak kelompok B TK Sun Shine Banjarmasin.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 kali
pertemuan. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru,
aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok B TK Sun Shine
Banjarmasin yang berjumlah 18 anak. Dengan indikator keberhasilan
untuk aktivitas guru 84%-100% (Sangat Baik), aktivitas anak rata-rata
kelas ?81% Aktif dan Sangat Aktif, serta perkembangan kemampuan
nilai agama dan moral secara individual dan klasikal mencapai ?81%
mendapat ???.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai
94 dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 94% (hampir
seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan aspek nilai agama dan moral
dalam memiliki perilaku mulia berhasil berkembang dengan persentase
89% anak memperoleh ????.
Dapat disimpulkan bahwa kemampuan nilai agama dan moral
dalam memiliki perilaku mulia menggunakan kombinasi metode story
telling dan model example non example dengan media gambar pada anak
kelompok B TK Sun Shine Banjarmasin dikatakan berhasil/berkembang.
Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi metode
story telling dan model example non example dengan media gambar tugas
salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan nilai agama
dan moral.