Abstract:
Jamilah, Siti Nor. 2022. Mengembangkan nilai gama dan moral dalam menirukan gerakan shalat menggunakan kombinasi model demonstration picture and picture dengan media mystery box pada anak kelompok A di Tk Mawar Barito Kuala. Skripsi program SI pendidikan guru pendidikan anak usia dini, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. pembimbing : Dr. Sulistityana, S P.d.,M.P.d
Kata kunci : Nilai agan dan moral, gerakan shalat, deminstration picture and picture mystery box.
Permasalahn dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan nilai agama dan moral dalam menirukan gerakan shalat yang belum berkembang sesuai harapan. Penyebabnya dari masalah tersebut adalah anak terlalu sering meminta guru untuk mengulang gerakan, media yang digunakan dalam proses pembelajaran menirukan gerakan, media yang kurang vervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas Anka, dan capaian hasil perkembangan anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kekas dilksanakn 4 kali pertemuan dengan jumlah anak 13 orang teknik analisis data kualitatif berupa lembar observasi guru dan siswa. Sedangkan data kualitatif melalui pengukuran nilai agama dan moral anak. Keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari ketercapian indikator keberhasilan yang ditetapkan.
Hasil penelitian ini menggunakan aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 12 kriteria cukup baik meningkat pada pertemuan 4 menjadi 20 dengan kretia sangat baik. Disebabkan guru selalu melakukan refleksi setelah melaksanakan kegiatan pemvelajaran. Aktivitas anak pertemuan 1 memperoleh 46% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100?ngan kretia sangat aktif. Dikarenakan anak dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran. Hasil perkembangan nilai agam dan moral anak pertemuan 1 sebanyak 54% mrningjag pada pertemuan 4 mencapai 93%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model kombinasi model demonstration picture and picture dengan media mystery box doat meningkatkan aktivitas guru aktivitas anak dan hasil perkembangan nilai agam dan moral anak dalam menirukan gerakan shalat. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model kombinasi model demonstration picture and picture dengan media mystety box dalam menciptkan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan anak pada kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil perkembangan nilai agam dan moral