Abstract:
ABSTRAK
Okinengrum, Lika. 2022. Mengembangkan Kemampuan Dan Motivasi Bahasa Anak Dalam MeniruHuruf Menggunakan Kombinasi Model Think Talk Write, Talking stick, Teams games tournament Pada Kelompok A Tk Aisyiyah Busthtanul Athfal 36 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah,M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci: Meniru Huruf, Perkembangan Bahasa, Think Talk Write, Talking stick, Teams games tournament.
Permasalahan penelitian ini adalah anak tidak terlibat aktif, asik bermain dikarenakan bosan, anak sulit tertarik dan fokus berdampak rendahnya kemampuan anak untuk menyebutkan, dan menulis huruf indikator capaian perkembangannya meniru (menuliskan dan mengucapkan) huruf A-Z pada Kelompok A TK Aisyiyah Busthanul Athfal 36 Banjarmasin. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas, motivasi belajar dan hasil perkembangan yaitu melalui kombinasi model Talking Games. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, motivasi belajar dan menganalisis hasil kemampuan anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Busthanul Athfal 36 Banjarmasin Tahun pelajaran 2021/2022, jumlah anak sebanyak 7 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan motivasi belajar anak data kuantitatif diperoleh melalui lembar kerja anak. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan I dan pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III dan pertemuan IV sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria Kurang aktif, pertemuan II kriteria cukup aktif, pertemuan III kriteria aktif dan IV mencapai kriteria sangat aktif. Motivasi belajar anak pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II kriteria cukup aktif, pertemuan III kriteria aktif dan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil perkembangan anak pada pertemuan I dan pertemuan II mencapai 14,29%, pertemuan III mencapai 71,43?n pertemuan IV mencapai 100%.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Think Talk Write, Talking stick, Teams games tournament dapat meningkatkan aktivitas,motivasi dan hasil perkembangan anak. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternative dalam meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar anak yang berdampak pada peningkatan hasil perkembangan anak.