Abstract:
ABSTRAK
Norlena.2022.Meningkatkan kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan model Demonstrasi dan model Role Playing melalui permainan Baingkaan pada anak kelompok A RA Al Irsyad Palimbangan. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, kementerian pendidikan riset dan teknologi universitas lambungmangkurat banjarmasin. Pembimbing Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Mengenal Lambang Bilangan Demontrasi dan Role Playing melalui permainan Baingkaan
Penelitian ini di latarbelakangi pada rendahnya hasil perkembangan kognitif anak Kelompok A RA Al Irsyad dalam Mengenal lambang bilangan. Hal ini disebabkan Kurangnya stimulus yang diberikan Anak kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan media yang digunakan kurang menarik bagi anak sehingga anak kurang tertarik dalam kegiatan mengenal lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikn aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan aspek kognitif dalam mengenal lambang bilangan menggunakan model Demontrasi dan model Role Playing melalui permainan Baingkaan.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian PTK dengan 6 kali pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok A RA Al Irsyad Palimbangan yang berjumlah 11 orang anak. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif. Cara mengumpulkan data menggunakan Observasi. Analisis data dengan presentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan guru berhasil melaksanakan proses pembelajaran dengan kriteria Sangat Baik, keaktifan anak melakukan proses pembelajaran dengan kriteria Sangat Aktif, dan hasil perkembangan kognitif anak mencapai Berkembang Sangat Baik sesuai dengan indikator perkembangan anak.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan model Demtrasi dan model Role Playing melalui permainan Baingkaan pada anak Kelompok A RA Al Irsyad Palimbangan. Disarankan agar guru dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi pengembangan pembelajaran kognitif khususnya dalam mengenal lambang bilangan sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar lebih bervariasi sesuai dengan kebutuhan anak.