Abstract:
Khairunnisa. Adinda Gusti 2022. Mengembangkan Aspek Motorik Halus Pada Aktivitas Melipat kertas Menggunakan Model Explicit Instruction, Metode Demontrasi, dan Metode Drill Pada Kelompok B TK Annisa Kabupaten Batola. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Akhmad Riandy Agusta. M, Pd
Kata Kunci:
Motorik Halus, Model Explicit Instruction, Metode Demontrasi, Metode Drill
Motorik harus distimulus pada anak sedini mungkin salah satunya adalah motorik halus. Hal tersebut dapat membantu anak untuk mempunyai kesiapan memasuki Sekolah Dasar dan mendukung kemampuan motorik ke tahap selanjutnya. Masalah penelitian yaitu rendahnya aktivitas pada anak dengan motorik halus pada anak. Salah satu upayanya adalah menggunakan model kombinasi (Explicit Instruction, Demontrasi, dan Drill). Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas anak, keaktifan belajar serta hasil perkembangan.
Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari empat pertemuan. Subjek penelitian adalah kelompok B TK Annisa Kabupaten Batola sebanyak 10 anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pengamatan terkait aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Temuan ini menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan mencapai kategori “sangat baik”. Aktivitas guru secara klasikal mencapai persentase 93?ngan kategori “sangat aktif”. Aktivitas anak mencapai persentase 90% kategori “sangat aktif”. Dan hasil perkembangan anak secara klasikal meningkat dari pertemuan I 40% mulai berkembang ?? (MB) menjadi 90% anak sudah berkembang sangat baik ???? (BSB) pada pertemuan IV. Disimpulkan bahwa model kombinasi (Explicit instruction, Demontrasi, dan Drill) berhasil memperbaiki kualitas guru, meningkatkan aktivitas anak, serta hasil perkembangan yang optimal.Disarankan penggunaan model kombinasi (Explicit Instruction, Demotrasi, dan Drill) sebagai referensi pembelajaran efektif guna mewujudkan hasil perkembangan Motorik lebih baik.