Abstract:
Telah dilakukan penelitian tentang implementasi model flipped classroom berbantuan Edmodo terhadap self-regulated learning dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan asam-basa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan self-regulated learning dan (2) perbedaan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model flipped classroom berbantuan edmodo dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional pada materi larutan asam-basa. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol di SMAN 1 Alalak. Variabel bebas adalah model pembelajaran flipped classroom berbantuan Edmodo, sedangkan variabel terikat adalah self-regulated learning dan hasil belajar. Pengumpulan data menggunakan teknik test dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan self-regulated learning peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan penerapan model flipped classroom berbantuan edmodo lebih baik dibanding kelas kontrol dengan penerapan model konvensional untuk meningkatkan self-regulated learning dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan asam-basa.