Abstract:
Telah dilakukan penelitian tentang implementasi model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi koloid berkonteks lahan basah di kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model Project Based Learning dengan siswa yang belajar menggunkan model konvensional pada materi koloid
berkonteks lahan basah, (2) respon siswa setelah menggunakan model Project Based Learning pada materi koloid berkonteks lahan basah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol di SMAN 3 Banjarmasin. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara peserta didik yang belajar menggunakan model Project Based Learning dimana harga N-gain sebesar 0,65 dalam kategori sedang dengan peserta didik yang belajar menggunakan model konvensional dimana harga N-gain sebesar 0,37 dalam kategori sedang, (2) peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berkonteks lahan basah sebagai sumber belajar kimia. Dengan demikian, implementasi model Project Based Learning berkontekslahan basah berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.