Abstract:
Pengembangan e-modul pada materi stoikiometri berbasis flip pdf professional merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas produk e-modul yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Uji coba e-modul yang dikembangkan dilakukan pada peserta didik di SMAN 10 Banjarmasin secara luring. Uji coba yang dilakukan adalah perorangan, kelompok kecil dan terbatas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket keterbacaan, angket respon dan penilaian tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, dilihat dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa dan media. E-modul yang dikembangkan juga telah memenuhi aspek kepraktisan, dilihat dari angket keterbacaan e-modul pada uji perorangan memperoleh kategori baik dan uji kelompok kecil kategori sangat baik. Angket respon peserta didik memperoleh kategori sangat baik dan lembar aktivitas guru memperoleh kategori sangat baik. E-modul juga telah memenuhi aspek efektivitas yang dilihat berdasarkan N-gain hasil belajar peserta didik yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan produk yang dikembangkan yaitu e-modul berbasis flip pdf professional telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan dan efektivitas, sehingga layak digunakan.