Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan dilakukan 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian pada kelompok B2 di TK Annisa Barito Kuala sebanyak 12 anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pengamatan terkait aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan aktivitas guru mengalami peningkatan dengan kategori “Sangat Baik” pada siklus III. Aktivitas anak secara klasikal mengalami peningkatan dengan kategori “Sangat Aktif” pada siklus III. Hasil perkembangan anak secara secara klasikal meningkat dari siklus I yaitu 41% menjadi 83% anak sudah berkembang pada siklus II dan pada siklus III naik menjadi 100%. Disimpulkan bahwa kombinasi model demonstrasi, story telling, media buku cerita bergambar berhasil memperbaiki kualitas guru, meningkatkan aktivitas anak, serta hasil perkembangan yang optimal.