Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik
berbasis problem based learning menggunakan perangkat lunak iSpring pada
materi reaksi redoks yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang
digunakan ialah Research and Development dengan model pengembangan 4D
(Define, Design, Develop, dan Disseminate). Uji coba modul elektronik yang
dikembangkan ini dilakukan pada peserta didik kelas X MIPA 3 SMAN 7
Banjarmasin Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
menggunakan lembar validasi, angket keterbacaan, angket respon, lembar observasi
dan tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data yang dilakukan ialah analisis
deskriptif. Hasil analisis validitas berdasarkan aspek kelayakan isi, aspek kelayakan
penyajian, aspek kelayakan bahasa, dan aspek kelayakan media yang dinilai
validator memperoleh hasil dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan
dinilai berdasarkan hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, angket
respon peserta didik, angket respon guru, dan aktivitas guru menggunakan modul
elektronik masing-masing memperoleh hasil dengan kategori sangat baik. Hasil uji
keefektifan berdasarkan tes keterampilan berpikir kritis diperoleh N-gain sebesar
0,90 yang termasuk dalam kategori tinggi dan artinya efektif berhasil meningkatkan
keterampilan berpikir kritis peserta didik. Dapat disimpulkan modul elektronik
yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan serta berhasil
meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.