Abstract:
Covid-19 memberikan dampak terhadap berbagai sektor tidak terkecuali industri makanan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bentuk pengaruh Covid-19 terhadap perilaku konsumen, pengaruh Covid-19 terhadap keputusan pembelian, pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriterianya yaitu : responden tinggal di Banjarbaru minimal 3 bulan sebelum ada Covid-19, responden masih berada di Banjarbaru saat Covid-19, responden membeli makanan di warung makan sebelum atapun saat Covid-19. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar dengan menggunakan google form. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square) menggunakan bantuan software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Covid-19 memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen, Covid-19 memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, perilaku konsumen memiliki perngaruh positi dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa terjadi sedikit peningkatan pada pembelian makanan secara online selama pandemi. Selain itu ditemukan pula bahwa responden sudah terbiasa dalam memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak ketika keluar. Adapun dalam aspek ekonomi, meski responden menyatakan terkena dampak penurunan ekonomi karena adanya Covid-19 namun mereka masih tetap melakukan pembelian di warung makan.