Abstract:
Telah dilakukan penelitian tentang implementasi strategi Brain Based Learning berbantuan mind mapping terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan berpikir kritis, (2) perbedaan hasil belajar, (3) respon peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian equivalent control group. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas MIA 1 sebagai kelas kontrol dan MIA 3 sebagai kelas eksperimen di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi Brain Based Learning berbantuan mind mapping, sedangkan variabel terikatnya adalah berpikir kritis. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan berpikir kritis yang signifikan antara pembelajaran yang menerapkan pendekatan brain based learning berbantuan mind mapping dengan model ekspositori, (2) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik, (3) peserta didik memberikan respon sangat positif terhadap pembelajaran yang menerapkan strategi brain based learning berbantuan mind mapping.