Abstract:
ABSTRAK
Ningsih, Fitri Ardiana. 2022. Mengembangkan Aspek Perkembangan Bahasa Anak dalam Mengenal Huruf Menggunakan Kombinasi Model Make A Match, Cooperative Learning dan Media Ular Tangga Kelompok A TK Nusa Indah Alalak. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Faqihatuddiniyah, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Bahasa, Mengenal Huruf, Make A Match, Cooperative Learning, Media Ular Tangga.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada perkembangan aspek bahasa anak pada kelompok A dalam mengenal huruf dimana ditemukan masih terdapat beberapa anak yang kurang dalam mengenal huruf. Tentu saja jika hal tersebut dibiarkan akan memliki dampak dikemudian hari bagi anak. Adapun penyebab dari permasalahan yang ditemukan yaitu pembelajaran yang disajikan serta media yang digunakan untuk pembelajaran kurang menarik minat dan perhatian anak sehingga anak kurang dalam memperhatikan pembelajaran pada saat kegiatan berlangsung. Adapun solusi yang ditawarkan ialah menggunakan kombinasi model make a match, cooperative learning dan media ular tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikani aktivitas guru, anak dan menganalisis hasil perkembangan aspek bahasa anak khusunya dalam mengenal huruf.
Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif serta jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan 1 siklus dengan 3 kali pertemuan. Setting penelitian pada anak kelompok A di TK Nusa Indah Alalak yang berjumlah 10 orang anak (5 laki-laki dan 5 perempuan). Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan anak yang diambil pada berlangsungnya proses kegiatan pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi serta penilaian aspek perkembangan bahasa.
Hasil menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kreteria “Sangat Baik”, Aktivitas anak mencapai peningkatan dengan memperoleh kreteria “Sangat Aktif”, dan hasil aspek perkembangan bahasa menunjukkan anak memperoleh peningkatan dengan kreteria “Berkembang Sangat Baik (BSB)”.
Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Make A Match, Cooperative Learning dan Media Ular Tangga dalam mengembangkan aspek perkembangan bahasa anak dalam mengenal huruf kelompok A TK Nusa Indah Alalak dapat dikembangkan secara optimal dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru dan kepala sekolah serta peneliti selanjutnya semoga penelitian ini bisa menjadi bahan referensi atau masukan dalam mengembangkan aspek kemampuan bahasa maupun aspek kemampuan lainnya.