Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum berkembangnya kognitif anak dalam mengurutkan
benda berdasarkan bentuk dan ukuran yang disebabkan anak kurang terlibat aktif dalam
kegiatan belajar dan media pembelajaran berupa visual. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak dalam
mengurutkan benda berdasarkan bentuk dan ukuran menggunakan model DIPTRI. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan di Kelompok A PAUD Terpadu Adzkia dengan jumlah anak sebanyak 8 orang.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model DIPTRI dalam mengurutkan benda
berdasarkan bentuk dan ukuran telah terlaksana dalam kriteria Sangat Baik, aktivitas anak
telah mencapai 87,5?ngan kriteria Hampir Seluruh Anak Aktif, dan hasil pencapaian
perkembangan kognitif anak telah mencapai 87,5?ngan kriteria Berkembang Sangat Baik.
Disarankan agar model ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam
mengembangkan aspek kognitif anak agar lebih baik lagi.
Kata Kunci: Kognitif, Mengurutkan Benda Berdasarkan Bentuk dan Ukuran, Model
Direct Instruction, Pemberian Tugas, Papan Geometri.