Abstract:
Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan, namun belum tersedia bahan ajar yang terintegrasi permainan tradisional yang mendukung untuk meningkatkan literasi sains. Tujuan penelitian ini menghasilkan bahan ajar elektronik usaha dan energi bermuatan permainan tradisional yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE dan uji coba penelitian menggunakan one group pre-test and post-test design pada 27 orang peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Banjarmasin. Data diperoleh dari instrumen validasi, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bahan ajar elektronik termasuk valid karena diperoleh skor 3,67 dengan kategori sangat baik, (2) bahan ajar elektronik termasuk praktis karena komponen RPP dapat terlaksana dengan kategori sangat baik, (3) bahan ajar elektronik termasuk efektif karena 88% peserta didik tuntas dan 12% peserta didik tidak tuntas dengan standar skor KKM 70 dan nilai n-gain literasi sains sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, bahan ajar elektronik usaha dan energi bermuatan permainan tradisional yang dikembangkan adalah layak untuk meningkatkan literasi sains peserta didik.
Kata Kunci: Usaha dan energi, literasi sains, permainan tradisional