Abstract:
Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya dalam pengenalan keaksaraan awal dalam mengenali huruf abjad secara acak. Untuk mengatasi dalam menggunakan kombinasi information processing model dan problem solving model melalui kegiatan menyusun tutup botol abjad. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil aspek pengenalan keaksaran awal khususnya dalam mengenal huruf abjad pada anak usia 5-6 tahun.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan masing-masing siklus terdiri 2 kali pertemuan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil observasi aktivitas guru, observasi aktivits anak, dan observasi hasil aspek keaksaraan awal. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok B TK Nusa Indah Alalak Barito Kuala, pada semester 2 2021/2022 dengan jumlah 10 anak. Indikator kerberhasilan aktivitas guru mencapai persentase minimal ?80?ngan kategori “Sangat Baik” , aktivitas anak secara rata-rata kelas mencapai persentase minimal ?80% “Sangat Aktif” dan Hasil aspek pengenalan keaksaraan awal anak minimal ?80% kategori “Berkembang Sesuai Harapan” apabila semua kriteria yang diamati terpenuhi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan V mencapai 100?ngan kategori “Sangat Baik”. Hasil aktivitas anak pada V mencapai 100?ngan kategori “Sangat Aktif”. Dan pada pertemuan V hasil aspek pengenalan keaksaraan awal memperoleh “Berkembang Sangat Baik”.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa guru berhasil melaksanakan menerapkan information processing model dan problem solving model melalui kegiatan menyusun tutup botol abjad. Disarankan penggunaan kombinasi information processing model dan problem solving model melalui kegiatan menyusun tutup botol abjad sebagai salah satu pembelajaran yang efektif untuk ke depannya.