Abstract:
Salah satu upaya meningkatkan daya tarik pengguna e-commerce adalah
melakukan perbaikan antarmuka pengguna berdasarkan hasil evaluasi para
pengguna dari tingkat penerimaan dan kualitas e-commerce. Penelitian ini
bertujuan untuk mengevaluasi user interface website e-commerce menggunakan
hasil integrasi model UTAUT 2, Webqual 4.0, dan ISSM dan dianalisis
menggunakan metode IPA dan memberikan rekomendasi perbaikan pada website
berdasarkan hasil evaluasi serta kritik dan saran dari pengguna. Teknik analisis
yang digunakan adalah IPA (Importance Performance Analysis) menggunakan
IBM SPSS 25 dan pengujian hipotesis menggunakan SmartPLS 3. sedangkan
rekomendasi perbaikan dibuat menggunakan aplikasi Adobe XD berdasarkan
aturan Eight Golden Rules dan hasil analisa metode IPA. Hasil dari penelitian ini
ditemukan bahwa variabel yang diperbaiki dari analisis Importance Performance
Analysis yaitu Usability, Information Quality, Effort Expectancy, User Satisfaction
dan Net Benefit. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Usability dan Net
Benefit tidak berpengaruh positif terhadap User Satisfaction dan Information
Quality, User Satisfaction, dan Net Benefit tidak berpengaruh positif terhadap Use.
Selain itu ditemukan pengaruh positif antar variabel dengan variabel lainnya.
Hasil rekomendasi perbaikan ditemukan bahwa Terdapat peningkatan yang cukup
signifikan pada semua atribut model penelitian ini dan semua nilai variabel
semakin mendekati 5 yang artinya sangat bagus dan hal itu membuktikan bahwa
prototype rekomendasi perbaikan berdasarkan analisis IPA dan aturan Eight
Golden Rules cukup berhasil meningkatkan kualitas E-Commerce Hapeworld.