Abstract:
Baitinor. 2022. Mengembangkan Aspek Kognitif dalam Mencocokkan Bilangan dengan Lambang Bilangan Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Model Make A Match dan Media Konkrit pada anak Kelompok B Anggun Desa Podok Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar. Skripsi, Program Studi PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Dr. H. Sakerani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Mengembangkan aspek kognitif, Mencocokkan Bilangan dengan Lambang Bilangan, Model Explicit Instruction, Make a Match dan Media Konkrit.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan aspek kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Hal ini terjadi karena anak kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, model atau metode belajar anak masih berpusat pada guru atau teacher center, akibatnya anak kurang memahami penjelasan guru. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan aspek kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan dengan menggunakan kombinasi Model Explicit Instruction, Make a Match dan Media Konkrit. pada anak Kelompok B PAUD Anggun Desa Podok Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilakukan pada anak Kelompok B PAUD Anggun Desa Podok Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar dengan jumlah anak sebanyak 20 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan dalam pengembangan kognitif anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru saat mengembangkan kognitif melalui Model Explicit Instruction, Make a Match dan media konkrit dengan indikator yang ditetapkan, yaitu mendapatkan kriteria sangat baik, (2) aktivitas anak mendapat kriteria sangat aktif (3) hasil perkembangan aspek kognitif anak disetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan mendapatkan bintang???dan ???? atau berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan menunjukkan peningkatan yang membaik, sehingga mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Dan disarankan kepada guru untuk menjadikan bahan pertimbangan dalam pembelajaran di TK dengan menggunakan kombinasi model Explicit Instruction, Make a Match dan media konkrit., karena dapat mengembangkan hasil perkembangan anak.