Abstract:
Ahdi, Hawaitun Nisa Nur 2022. “Mengembangkan Aktivitas, Motivasi Dan
Perkembangan Bahasa Anak Menggunakan Kombinasi Model MAMA
TK CERI Banjarmasin” Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Unniversitas
Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof Drs. Ahmad
Suriansyah, M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci: Aktivitas, Motivasi, Bahasa, Model MAMA TK CERI.
Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya aktivitas, motivasi dan
aspek bahasa anak. Hal ini disebabkam aktivitas anak yang cenderung kurang
aktif dalam proses pembelajaran, anak mudah bosan karena pembelajaran yang
kurang bervariasi, dan bahasa anak yang masih belum berkembang secara optimal
sehingga upaya pemecahan masalah menggunakan kombinasi model MAMA TK
CERI. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis
aktivitas anak, motivasi, dan hasil perkembangan bahasa anak melalui tebak kata.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan 3 kali pertemuan. Setting penelitian
RA Islam Bakti VI Banjarmasin berjumlah 12 orang (10 anak perempuan, 2 orang
anak laki-laki). Teknik pengumpulan data dengan obervasi, wawancara, dan
dokumentasi, penilaian perkembangan bahasa. Indikator keberhasilan aktivitas
guru berhasil jika mencapai kriteria “sangat baik”. Aktivitas anak rata-rata kelas
dengan persentase 100% “sangat baik” dan hasil perkembangan bahasa minimal
80?n mencapai ??? (BSH) dan ???? (BSB).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada pertemuan
ke-1 skor 16 “Cukup Baik”, pertemuan ke-2 skor 21 “Baik”, dan pertemuan ke-3
skor 25 “Sangat Baik”. (2) Aktivitas anak pertemuan ke-1 persentase 33,33%
“kurang aktif” pertemuan ke-2 persentase 66,66% “aktif”, dan pertemuan ke-3
persentase 83,33% “sangat aktif”. (3) Motivasi anak pada pertemuan ke-1
persentase 33,33% “kurang termotivasi”, perteuan ke-2 persentase 66,66%
“termotivasi”, dan pertemuan ke-3 persentase 83,33% “sangat termotivasi”. Hasil
perkembangan bahasa anak pertemuan ke-1 persentase 61,11% atau hanya 3 anak
yang berhasil berkembang hingga pada pertemuan ke-3 mencapai 81,94% atau 10
anak berhasil berkembang mendapatkan ??? (BSH) dan ???? (BSB).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan
kombinasi model MAMA TK CERI dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan
hasil perkembangan bahasa anak sesuai dengan indikator keberhasilan yang
ditetapkan. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat
menjadi bahan masukan dan informasi untuk memilih model pembelajaran.