Abstract:
Salah satu keterampilan kognitif yang harus dimiliki adalah kemampuan mengenali warna pada benda-benda di sekitarnya. Kenyataannya perkembangan kognitif anak dalam mengenal warna kelompok A di TK Harapan Bunda Sungai Andai yang masih belum berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus pada 10 anak kelompok A tahun ajaran 2021–2022. Alat pengumpul data berupa lembar observasi aktivitas untuk guru, lembar aktivitas untuk anak, lembar hasil capaian perkembangan, disertai rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap pertemuan mengalami peningkatan, pada aktivitas guru setiap pertemuannya sampai mencapai krikteria sangat baik. Aktivitas anak setiap pertemuannya sampai mencapai krikteria sangat aktif. Hasil perkembangan kognitif anak setiap pertemuannya sampai mencapai krikteria berkembang sangat baik. Disimpulkan bahwa kegiatan mengenal warna melalui metode eksperimen dengan media lotto berhasil meningkat. Saran bagi guru adalah menjadikan metode eksperimen dengan media lotto ini sebagai referensi dalam berinovasi dalam upaya meningkatkan perkembangan aspek kognitif dalam kegiatan mengenal warna.
Kata Kunci: Kognitif, Mengenal Warna, Metode Eksperimen, Media Lotto.