Abstract:
ABSTRAK
Muzalifah, Mia. 2022. Meningkatkan Perkembangan Aspek Sosial Emosional Melalui Model Project Based Learning Dan Direct Instruction Membuat Karya Seni Sederhana Pada Kelompok B1 TK Nusantara Banjramasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.
Kata Kunci : Sosial Emosional, Project Based Learning, Direct Instruction, Karya Seni Sederhana
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu dalam kegiatan membuat karya seni sederhana pada anak kelompok B1 TK Nusantara Banjarmasin terdapat rendahnya aktivitas dan kemampuan sosial emosional anak, masih terdapat rendahnya rasa kerjasama dan saling tolong menolong sesama teman sekelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan sosial emosional anak melalui kegiatan membuat karya seni sederhana menggunakan model Project Based Learning dan Direct Instruction.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Nusantara Banjarmasin dengan jumlah anak 8 orang anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila terlaksananya mencapai kategori sangat baik. Aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil capaian perkembangan anak minimal mencapai ?80% atau mencapai kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan ke I memperoleh kriteria cukup baik, kemudian pertemuan II memperoleh kriteria baik dan mengalami perbaikan pada pertemuan ke III dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak hanya mencapai kategori sebagian kecil anak aktif pada pertemuan I, lalu pertemuan II mencapai kategori sebagian besar anak aktif dan mengalami perbaikan pada pertemuan III mencapai kategori seluruh anak aktif. Dan hasil capaian perkembangan kemampuan sosial emosional anak memperoleh kategori mulai berkembang (MB) pada pertemuan I, kemudian di pertemuan II memperoleh kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan mengalami perkembangan pada pertemuan III dengan kategori berkembang sangat baik (BSB).
Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan pada aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan kemampuan sosial emosional pada anak kelompok B1 TK Nusantara Banjarmasin dapat dikembangkan dengan menggunakan model Project Based Learning dan Direct Instruction membuat karya seni sederhana dapat berkembang. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, anak, dan peningkatan hasil perkembangan anak dalam menunjukkan rasa kerjasama dan tolong menolong.