Abstract:
Aktivitas guru menjadi faktor utama dari beberapa keberhasilan yaitu aktivitas dan motivasi belajar anak yang berpengaruh pada keberhasilan hasil perkembangan anak. Tetapi fakta dilapangan hal tersebut masih relatif rendah. Maka tujuan diadakannya pengumpulan data adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas, motivasi dan hasil perkembangan kognitif anak dalam mengenal pola dengan menggunakan model Prodigy Arsala. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok A2 TK Harapan Bangsa Sungai Tabuk Kab. Banjar tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru pada peremuan I mencapai kritetia baik, pertemuan II mencapai kriteria sangat baik dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria Aktif dan Pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif. Motivasi Belajar anak pada pertemuan I mencapai kriteria cukup termotivasi, pertemuan II termotivasi dan pertemuan III sangat termotivasi. Ketuntasan pertemuan 1 mencapai 50%, pertemuan II, mencapai 70?n pertemuan III mencapai 100%. Berdasrakan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa melalui kombinasi model Prodigy Arsala menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru dan anak, motivasi belajar dan meningkatkan hasil perkembangan kognitif anak dalam mengenal pola.