Abstract:
Laida Alda, 2022 “Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Melalui
Model Pembelajaran Kooperatif Metode Permainan Montessori dan
Media Sandpaper Letters Kelompok A TK Suka Maju Desa Lunjuk HST”.
Skripsi Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dessy Dwitalia Sari, M.Pd.
Kata kunci : Keaksaraan Awal, Model Pembelajaran Kooperatif, Metode
Permainan Montessori, Media Sandpaper Letters
Penelitian ini dilatarbelakangi ialah rendahnya hasil perkembangan bahasa
anak pada aspek keaksaraan awal dalam mengenal dan meniru (menuliskan
dengan menyebutkan) huruf yang masih belum berkembang. Untuk mengatasi hal
tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui metode
permainan Montessori dengan media sandpaper letters. Tujuan dari penelitian
iniiialah aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam
menunjukkan aktivitas anak dalam mengenal dan meniru (menuliskan dengan
menyebutkan) huruf.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis
penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2
siklus. Penelitian iniidilakukan di TK Suka Maju Desa Lunjuk HST tahun ajaran
2021/2022 pada kelompok A yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 4 orang
anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan dengan observasi, wawancara, unjuk kerja, dan evaluasi melalui LKPD.
Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktivitas guru memenuhi
kriteria sangat baik dengan skor 23-28, dan aktivitas anak mendapat kriteria
sangat aktif dengan skor 13-15, serta hasil perkembangan memenuhi skor 10-12
dengan kriteria ? 80% kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kaegori
sangat baik, aktivitas anak memperoleh kategori sangat aktif, hasil perkembangan
aspek aspek keaksaraan awal memperoleh kategori berkembang sesuai harapan
(BSH) dan berkembang sangat baik (BSB). Kesimpulan penelitian ini adalah
penggunaan model pembelajaran kooperatif, metode permainan montessori dan
media sandpaper letters dalam mengembangkan aspek keaksaraan awal
(mengenal dan meniru) pada anak kelompok A TK Suka Maju Desa Lunjuk HST.
Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam
meningkatkan aktivitas belajar yang berdampak pada peningkatan hasil
perkembangan aspek keaksaraan awal dalam (mengenal dan meniru).