Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil pengembangan motorik halus anak pada kelompok B dalam mengkoordinasi mata-tangan dan menggerakkan jari jemari tangan belum berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil pengembangan kemampuan motorik halus anak melalui model Emoji (Demonstration, Project Based Learning) dan Media Plastisin Bubur Kertas.Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK),dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan,setting penelitian pada anak kelompok B TK Annisa Barito Kuala yang berjumlah 12 orang anak (7 laki–laki dan 5 perempuan).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas gurupertemuan ke 3 dengan skor 26 dengan kategori Sangat Baik. (2) aktivitas anak mencapai persentase 92,33?ngan kategori Sangat Aktif pada pertemuan ke 3. (3) hasil pengembangan motorik halus pada pertemuan terakhir mencapai 100% anak yang berhasil dengan mendapatkan (BSH) berkembang sesuai harapan dan (BSB) berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model Emoji (Demonstration, Project Based Learning) dan Media Plastisin Bubur Kertas dapat meningkatkan aktivitas anak dan mengembangkan motorik halus anak dengan sangat aktif dan baik.
Kata Kunci : Motorik Halus, Demonstration, Project Based Learning, Media Plastisin Bubur Kertas.