Abstract:
ABSTRAK
Ramadhaniah, Nur ‘Asyaro, 2022. “Mengembangkan Motivasi, Aktivitas Belajar Dan Aspek Kognitif Anak (Mencocokkan Bilangan Dengan Lambang Bilangan) Menggunakan Model Pembelajaran RAMI Pada Kelompok B1 Di TK Pertiwi Cempaka Putih”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.
Kata kunci: Motivasi, Aktivitas Belajar, Kognitif, Mencocokkan Bilangan, Model RAMI
Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya motivasi, aktivitas, belajar dan aspek kognitif anak (mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Hal ini disebabkan pembelajaran yang diberikan kurang menarik, pembelajaran masih bersifat satu arah dan pembelajaran bersifat abstrak dampaknya anak kurang fokus, pasif dan kesulitan memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, motivasi belajar, aktivitas anak dan menganalisis hasil pengembangan kognitif anak (mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan).
Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilakukan dalam tiga pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 TK Pertiwi Cempaka Putih yang berjumlah 12 orang anak (7 laki-laki dan 5 perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian adalah aktivitas guru mencapai kategori “sangat baik”, motivasi belajar anak persentase ?81% kategori hampir seluruh anak termotivasi, aktivitas anak persentase ?81% kategori hampir seluruh anak aktif dan hasil pengembangan anak minimal mendapat kategori ??? berkembang sesuai harapan (BSH).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru meningkat pada setiap pertemuan, pada pertemuan ke-1 memperoleh skor 17 kriteria “Baik” dan meningkat pada pertemuan ke-3 memperoleh skor 24 kriteria “Sangat Baik”. (2) Motivasi belajar anak pertemuan ke-1 dengan persentase 25% kriteria “Kurang Termotivasi” meningkat pada pertemuan ke-3 mencapai 100?ngan kategori “Sangat Termotivasi”, (3) Aktivitas belajar anak pertemuan ke-1 dengan persentase 25% kriteria “Kurang Aktif” meningkat pada pertemuan ke-3 mencapai 100?ngan kategori “Sangat Aktif”, (4) Hasil perkembangan kognitif anak pertemuan ke-1 dengan persentase 25% “Berhasil Berkembang” meningkat pada pertemuan ke-3 mencapai 100% “Berhasil Berkembang”.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kombinasi model RAMI dapat meningkatkan motivasi, aktivitas belajar dan hasil kemampuan aspek kognitif anak (mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan). Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan dan informasi untuk memilih model pembelajaran