Abstract:
ABSTRAK
Fitriana, 2022. “Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama Dan Moral Dalam Meniru Gerakan Shalat Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction Dan Habit Forming Pada Kelompok B Tk Bawang Putih Kab. Barito Kuala”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Faqihatuddiniyah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Nilai Agama dan Moral, Menirukan Gerakan Shalat, Model Explicit Instruction Dan Habit Forming.
Permasalahan penelitian dilatar belakangi anak belum mampu dalam melakukan gerakan shalat yang ditentukan sesuai dengan arahan guru, anak juga belum mampu mengurutkan gerakan shalat, selain itu rendahnya kemampuan anak dalam menirukan gerakan shalat. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Explicit Instruction dan Habit Forming. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah aktivitas guru, mendeskripsikan langkah aktivitas anak, dan menganalisis keberhasilan perkembangan Nilai Agama dan Moral anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak pada kelompok B TK Bawang Putih Kab. Barito Kuala berjumlah 8 orang anak. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan anak. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik yang disajikan dengan indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik, pertemuan 3 mencapai kriteri sangat baik dan pertemuan 4 mencapai kriteria Sangat Baik. Aktivitas Anak pada pertemuan 1 mencapai kriteria hampir seluruh anak tidak aktif, pertemuan 2 mencapai krtiteria sebagai kecil anak aktif, pertemuan 3 mencapai kriteria sebagai anak aktif dan pertemuan 4 mencapai kriteria seluruh anak aktif. Hasil perkembangan nilai agama dan moral pada pertemuan 1 mencapai kriteria 25%, pertemuan 2 mencapai kriteria 37,5%, pertemuan 3 mencapai kriteria 62,5%, dan pertemuan 4 mencapai kriteria 87,5%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi model Explicit Instruction dan habit forming Picture Pada Kelompok B TK Bawang Putih Kab. Barito Kuala dan hipotesis penelitian ini dapat diterima. Dengan ini diharapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan capaian perkembangan nilai agama dan moral anak dalam menirukan gerakan shalat.