Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan kognitif anak pada kelompok B1 dalam mengenal lambang bilangan masih belum berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil pengembangan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan melalui model Direct Instruction, Numbered Head Together dan Media Puzzle. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, setting penelitian pada anak kelompok B1 TK Negeri Pembina Banjarmasin Barat yang berjumlah 8 orang anak. Penelitian dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dengan hasil di akhir pertemuannya meningkatkan aktivitas guru dengan skor 31 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak memperoleh persentase 100% kriteria sangat aktif. Dan hasil perkembangan kognitif mencapai 100% anak yang berhasil dengan mendapatkan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain dapat dijadikan sebagai masukan, informasi dan salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan perkembangan kognitif pada anak.
Kata Kunci: Kognitif, Mengenal Lambang Bilangan, Direct Instruction, Numbered Head Together, Media Puzzle