Abstract:
Telah dilakukan penelitian pengembangan media Poster bermuatan etnosains pada materi koloid bertujuan menghasilkan media belajar yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang (define, design, development & disseminate). Uji coba media belajar yang dikembangkan dilakukan pada peserta didik SMA Negeri 11 Banjarmasin Tahun Ajaran 2021/2022. Uji coba yang dilakukan yakni uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket keterbacaan, angket
respon dan penilaian tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan media yang dikembangkan telah memenuhi kriteria
sebagai berikut: (1) Valid, berdasarkan uji kelayakan oleh kelompok ahli
didapatkan hasil sangat valid,; (2) Praktis, berdasarkan uji keterbacaan
perorangan dan kelompok mendapatkan hasil dengan kriteria sangat baik,
respon peserta didik dan guru mendapat kriteria baik; (3) Efektif, berdasarkan
hasil uji coba terbatas telihat dari rata-rata skor n-gain hasil belajar termasuk
kriteria tinggi. Serta dari rata-rata skor n-gain motivasi belajar juga termasuk
kriteria tinggi. Secara keseluruhan poster yang dikembangkan mampu
meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dan sebagai
suatu bentuk media yang mengemukakan etnosains dalam pembelajaran
kimia.
Kata kunci: Poster, Etnosains, Koloid