Abstract:
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu rendahnya kemampuan memahami huruf-huruf pada anak kelompok B RA Raudhatul Ilmi mengingat penemuan yang terjadi umumnya berulang-ulang dan pemanfaatan media pembelajaran yang kurang menarik dan kurang menarik. bergeser. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan aktivitas guru, anak dan capaian perkembangan kemampuan mengenali huruf pada sekelompok anak B dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dengan media flashcard di RA Raudhatul Ilmi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, informasi yang diperoleh melalui instrumen penelitian aktivitas guru, anak dan capaian perkembangan anak yang dilakukan dalam 3 kali sesi pertemuan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa aktivitas guru memenuhi standar yang baik dengan skor 13 pada pertemuan pertama, pertemuan berikutnya sampai pada standar yang baik dengan skor 15 dan pertemuan ketiga mencapai standar yang sangat baik dengan skor 19. Aktivitas anak saat pertemuan pertama mencapai standar kurang aktif, pada pertemuan kedua mencapai standar aktif dan pada pertemuan ketiga mencapai standar yang sangat aktif. Puncak klasikal hasil perkembangan anak pada pertemuan pertama mencapai 36%, pertemuan berikutnya mencapai 91?n pertemuan ketiga mencapai 100 100%.
Kata Kunci: Bahasa, Mengenal Huruf, Talking stick, Flash card