Abstract:
Penelitian ini berlatar belakang rendahnya kemampuan motorik halus anak koordinasi mata dan tangan. Abstrak harus mencerminkan keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian hasil pengembangan kemampuan motorik halus anak dalam koordinasi mata dan tangan. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 PAUD Terpadu Almadina berjumlah 16 orang anak. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan anak. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang di jabarkan dengan tabulasi dan grafik di sajikan dengan indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa guru berhasil melaksanakan menerapkan kombinasi model explicit instruction dan SAVI pada kegiatan kolase dengan bahan alam dalam mengembangkan aspek motorik halus anak dalam koordinasi mata dan tangan. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif untuk penelitian selanjutnya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan anak dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak.