Abstract:
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan motorik halus anak pada kelompok A1 TK An Nafiz Tabalong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis hasil pengembangan motorik halus dalam mencetak. Pendekatan penelitian yang diguanakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 3 kali pertemuan. Setting penelitian pada anak kelompok A1 di TK An Nafiz Tabalong yang berjumlah 4 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Model pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan III dengan skor 40 kategori sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan III dengan persentase 100% kategori seluruh anak aktif. Hasil perkembangan motorik halus pertemuan III mencapai 100% yang berarti seluruh anak berhasil berkembang mendapat BSH dan BSB. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Demonstrasi, eksperimen dan pemberian tugas dalam mencetak dapat mengembangkan motorik halus sesuai dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan.
Kata Kunci: Motorik Halus, Mencetak, Demonstrasi, Eksperimen, Metode Pemberian Tugas.