Abstract:
Telah dilakukan penelitian tentang implementasi model discovery learning berbasis mind mapping dalam pembelajaran daring pada materi koloid untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA MAN 2 Tabalong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar antara pembelajaran dengan menggunakan model disovery learning berbasis mind mapping dengan pembelajaran yang menggunakan model discovery learning dalam pembelajaran daring pada materi koloid, (2) respon peserta didik terhadap pembelajaran model discovery learning berbasis mind mapping dalam pembelajaran daring pada materi koloid. Metode yang dipakai adalah quasi experimental (eksperimen semu) dengan menggunakan desain “non-equivalent control grup design”. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol di MAN 2 Tabalong. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar pengetahuan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan harga thitung > ttabel yakni 3,626 > 2,000, (2) terdapat perbedaan hasil observasi sikap pada kelas eksperimen dan kontrol, (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran model disovery learning berbasis mind mapping dalam pembelajaran daring pada materi koloid dalam kategori baik.