Abstract:
PENERAPAN MODEL SCIENTIFIC CRITICAL CREATIVE THINKING (SCCrT) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMAN 1 ALALAK BARITO KUALA (Oleh: Zahra Azizah; Pembimbing: Dr. H. Rusmansyah, M.Pd. dan Prof. Dr. Hj. Atiek Winarti, M.Pd., M.Sc.;2022: 290 halaman)
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model Scientific Critical Creative Thinking (SCCrT) untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik SMAN 1 Alalak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji keefektifan model SCCrT terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, (2) menguji keefektifan model SCCrT terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi hidrolisis garam. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIA 2 (kelas kontrol) di SMAN 1 Alalak. Variabel bebas adalah model pembelajaran, sedangkan variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif. Pengumpulan data menggunakan teknik test dan non-test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model SCCrT efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran hidrolisis garam, (2) model SCCrT efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran hidrolisis garam.
Kata kunci: Model SCCrT, keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, hidrolisis garam.