Abstract:
Penelitian mengenai pengembangan e-modul berbasis mikroskopis untuk melatih keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi larutan hidrolisis garam dan larutan penyangga di SMA Negeri 5 Banjarmasin ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model 4D. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 5 Banjarmasin sebanyak 33 orang pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Data diperoleh melalui angket observasi awal, validasi, keterbacaan, angket respon peserta didik dan guru, lembar observasi kompetensi guru menggunakan e-modul dan mengelola kelas serta tes hasil berpikir kreatif. Hasil analisis validitas dari validator menunjukkan e-modul yang dikembangkan berkategori sangat valid. Kepraktisan e-modul yang diuji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, dan uji coba terbatas menunjukkan kategori sangat praktis. Keefektifan pada uji coba terbatas menunjukkan e-modul yang dikembangkan efektif dengan N-gain berkategori tinggi. Dengan demikian, disimpulkan e-modul praktikum biokimia layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.