Abstract:
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang diperlukan dalam pendidikan abad ke-21. Selain peran guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis tentunya bahan ajar yang digunakan juga harus mendukung dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri atas 4 fase 1) define, 2 )design, 3) development, dan 4) disseminate. Pengembangan berupa bahan ajar e-modul cerita dilema berbasis PBL pada materi koloid bertujuan menghasilkan bahan pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria layak dengan indikator valid, praktis, dan efektif. Kesimpulannya adalah bahan ajar e-modul cerita dilema berbasis PBL merupakan suatu sarana bagi guru dan khususnya peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.