Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) pada materi koloid. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 10 Banjarmasin. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran STAD, observasi berpikir kritis, dan angket respon peserta didik. Untuk data kuantitatif berupa data hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan tes hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 64,24 dan tergolong rendah dan terjadi peningkatan pada siklus II adalah 97,56 memasuki kategori sangat tinggi. Pada tes kemampuan berpikir kritis pada siklus I adalah 70 pada kategori tinggi dan terjadi peningkatan pada siklus II adalah 80 pada kategori sangat tinggi, dan pada observasi kemampuan berpikir kritis pada siklus I adalah 9,58 pada kategori cukup baik dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 15,05 pada kategori sangat baik. Respon peserta didik juga menunjukkan kategori setuju, dengan demikian model pembelajaran STAD dapat membantu pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik.