Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Model Project Based Learning berbasis STEAM konteks lahan basah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self efficacy materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah Model 4D. Uji coba terbatas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilakukan kepada peserta didik kelas X MIA 3 SMAN 3 Barabai. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi lembar keterlaksanaan, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memeneuhi kriteria berikut : (1) perangkat Model PjBL dilihat dari komponen RPP, LKPD, bahan ajar, dan instrumen tes dalam kategori valid; (2) perangkat Model PjBL termasuk praktis karena fase-fase Model PjBL dapat terlaksana dengan baik; dan (3) perangkat Model PjBL termasuk efektif karena N-gain kemampuan berpikir kritis sebesar 0,58 dengan kategori sedang dan N-gain self efficacy sebesar 0,75 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) berbasis STEAM konteks lahan basah materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dinyatakan layak, praktis dan efektif jika digunakan dalam pembelajaran kimia.