Abstract:
Paradhila, Noor Aina. 2022. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Langsung Dan Metode Bercerita Melalui Buku Dongeng Pada Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Banjarmasi.. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM. Dosen Pembimbing Dr. H. Sakerani, M.Pd.
Kata Kunci : Bahasa, Pembelajaran Langsung, Metode Bercerita, Buku Dongeng.
Permasalahan penelitian yang ingin dipecahkan adalah bagaimana cara meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui bercerita di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Banjarmasin. Penelitian ini berawal dari kemampuan berbahasa anak melalui bercerita di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Banjarmasin. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran langsung dan metode bercerita melalui buku dongeng. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil capaian peningkatan bahasa.
Subjek penelitian ini adalah anak di Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Banjarmasin yang berjumlah 13 orang anak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dan hasil peningkatan bahasa anak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dijabarkan dengan tabel, grafik, interprestasi dengan presentase.
Hasil penelitian ini mengacu pada 3 faktor yang diteliti yaitu faktor aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian hasil perkembangan anak. Aktivitas guru, mengetahui bagaimana aktivitas guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guna untuk meningkatkan aspek berbahasa dalam menunjukkan rasa empati menggunakan model pembelajaran langsung, metode bercerita dan media buku dongeng. Aktivitas anak, berupa kegiatan anak dan meningkatkan kemampuan berbahasa anak selama mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran langsung, metode bercerita dan media buku dongeng. Capaian hasil perkembangan anak, hasil capaian perkembangan anak dalam mencapai perkembangan yang sesuai dengan indikator perkembangan yang diteliti dari kegiatan bercerita.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbahasa anak menggunakan kombinasi pembelajaran langsung dan metode bercerita melalui buku dongeng. Diharapkan dapat menjadi suatu alternatif dalam meningkatkan serta membina keterampilan guru untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran dan mutu pendidikan.