Abstract:
Telah dilakukan pengembangan media pembelajaran kimia berbasis prezi untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan peserta didik pada materi struktur atom di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 8 Banjarmasin. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D dengan subjek penelitian peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Negeri 8 Banjarmasin. Sebagai sampel pada uji coba perorangan melibatkan 3 orang peserta didik, uji coba kelompok kecil melibatkan 8 orang peserta didik, dan uji coba terbatas melibatkan 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon, dan instrumen tes hasil belajar pengetahuan. Hasil validasi media prezi yang dikembangkan menunjukkan kategori valid. Keterbacaan media pada uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil termasuk kategori sangat baik, respon peserta didik pada uji coba terbatas termasuk kategori sangat baik, pendidik menggunakan media pembelajaran termasuk kategori sangat baik. Hal ini berarti media pembelajaran praktis digunakan dalam proses belajar. Hasil belajar pengetahuan peserta didik pada uji coba terbatas berdasarkan N-gain tergolong tinggi, artinya media pembelajaran efektif digunakan. Media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran kimia.