Abstract:
ABSTRAK
Keterampilan dalam pembelajaran fisika yang perlu dicapai untuk menghadapi
tantangan abad ke 21 adalah keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains
digunakan untuk mengetahui hukum, konsep, prinsip dan teori terdahulu bahkan
menyanggah penemuan sebelumnya. Oleh karena itu, keterampilan proses sains
perlu dikembangkan secara kompleks dalam suatu bahan ajar berupa modul
elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik dengan
pendekatan saintifik pada materi elastisitas zat padat yang valid, praktis dan efektif
sehingga layak untuk digunakan dalam melatihkan keterampilan proses sains
peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D)
dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dan diujicobakan pada 20
peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 12 Banjarmasin. Teknik pengumpulan
data menggunakan instrumen validasi modul elektronik, angket respon peserta
didik, tes hasil belajar dan lembar pengamatan keterampilan proses sains. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validasi modul elektronik memperoleh
kategori baik dengan rata-rata skor 3,14 (2) Kepraktisan modul elektronik
memperoleh kategori praktis dengan rata-rata skor sebesar 3,35 (3) Keefektifan
modul elektronik memperoleh kategori sedang dengan skor N-gain sebesar 0,63 (4)
Pencapaian keterampilan proses sains peserta didik memperoleh kategori baik
dengan rata-rata skor sebesar 3,15. Dengan demikian, modul elektronik yang
dikembangkan mampu untuk melatihkan keterampilan proses sains dan layak
digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: Elastisitas zat padat, Keterampilan proses sains, Modul elektronik