Abstract:
Nur Rahmah, Nida : “Penanaman Nilai Moral Agama Anak Usia Dini Dalam Pembiasaan Pengucapan Kalimat Thayyibah Melalui Kombinasi Model Modeling The Way, Make A Match, Dan Media Kartu Cerita Bergambar Di RA Al-AMIN Kertak Hanyar“ . Skripsi, Program S1 PG- PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd.I., M.Pd.
Kata Kunci : Agama Moral, Pembiasaan Pengucapan Kalimat Thayyibah, Model
Modeling The Way, Make A Match, dan Media Kartu Cerita Bergambar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya penanaman nilai moral agama anak dalam pembiasaan pengucapan kalimat thayyibah, karena kurangnya pembiasaan dalam pengucapan kalimat thayyibah, dan anak kurang mampu dalam mempraktekkan di kegiatan sehari-hari. Permasalahan ini dikarenakan kurang optimalnya guru dalam menerapkan metode pembiasaan. Oleh karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran menggunakan melalui model modeling the way dikombinasikan dengan make a match, dan media kartu cerita bergambar dengan tujuan melalui mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil penanaman nilai agama moral dalam pembiasaan pengucapan kalimat thayyibah melalui model modeling the way, make a match, dan media kartu cerita bergambar
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang dirancang 3 siklus yang terdiri 1 siklus dengan 2 pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok A RA Al-Amin yang berjumlah 14 orang anak. Jenis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara kualitatif dengan lembar observasi dan rubik. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai rentang skor 27-36 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa apabila secara klasikal mencapai rentang 82%-100% siswa berada pada kriteria “Sangat Aktif”, dan hasil belajar siswa dianggap tuntas belajarnya apabila siswa memperoleh nilai ? 10 dan secara klasikal mencapai ? 80?ri jumlah siswa yang memperoleh nilai ? 63.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori “sangat baik” dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil dengan kategori “sangat aktif”. Pada hasil belajar sudah mencapai indikator ketuntasan baik secara individu maupun klasikal.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan melalui model modeling the way dikombinasikan dengan make a match, dan media kartu cerita bergambar dapat meningkatkan Penanaman Nilai Moral Agama dalam Pembiasaan Pengucapan Kalimat Thayyibah pada Kelompok A RA Al-Amin dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.