Abstract:
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Scientific Critical Creative Thinking (SCCrT) berbasis web liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan self-efficacy peserta didik pada materi struktur atom di kelas X SMAN 11 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan (1) keterampilan berpikir kritis, dan (2) self-efficacy peserta didik terhadap penerapan model SCCrT dan model GDL pada materi struktur atom. Metode dalam penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitiannya yaitu peserta didik kelas XF berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XD berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Variabel bebas meliputi model SCCrT dan model GDL, sedangkan variabel terikat meliputi keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk keterampilan berpikir kritis dan non-tes untuk keterampilan self-efficacy. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya perbedaan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan (2) adanya perbedaan yang signifikan antara self-efficacy kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen lebih baik di banding kelas kontrol dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik dalam pembelajaran pada materi struktur atom.