Abstract:
Pengembangan e-modul berbasis android pada materi hidrolisis garam merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektifitas produk e-
modul. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan iniadalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), danpenyebaran (disseminate). E-modul di uji cobakan pada 34 orang peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 8 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dilihat dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan media. E-modul juga telah memenuhi aspek
praktikalitas. Hal tersebut dilihat dari aktivitas guru menggunakan e-modul sebesar 3,95 kategori sangat baik, dan aktivitas guru mengelola kelas sebesar 3,85 kategori sangat baik. E-modul juga telah memenuhi aspek efektifitas yang dilihat
dari angket keterbacaan e-modul pada uji perorangan sebesar 3,4 kategori sangat
baik, uji kelompok kecil sebesar 3,5 kategori sangat baik, respon pendidik sebesar 3,4 kategori sangat baik, respon peserta didik sebesar 3,0 dengan kategori baik, dan nilai rata-rata yang didapatkan peserta didik setelah menjawab soal post-test sebesar 85,0 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan yaitu e-modul berbasis android telah memenuhi aspek validitas, praktikalitas, dan efektifitas.